Notifikasi

Feelance Adalah Hoby Dan Pekerjaan Yang Menyenangkan.
Mari Buat Freelance Menjadi Pekerjaan Yang Diperhitungkan Di Indonesia
#FREELANCER_INDONESIA

Jika Anda Rasa Blog Ini Bermanfaat Silahkan Memberikan Donasi

Donasi

Donasi Yang Kalian Berikan Akan Saya Gunakan Untuk Mengembangkan Blog Ini Menjadi Lebih Baik Dan Semakin Membantu Para Freelancer Indonesia.
BANK BRI: 1089-01-005110-50-2 a/n Al-Amin Sembiring
Cabang KCP Tanjung Morawa
PULSA : 085373458301 (T-Sel)

Donasi | Tutup

Tips Bagi Freelancer Agar Honor Dibayar Tepat Waktu

Tips Bagi Freelancer Agar Honor Dibayar Tepat Waktu - Bagi sebagian orang, menjadi freelancer merupakan sebuah pekerjaan idaman karena waktu kerja yang ELASTIS. Bagaimana tidak, seorang freelancer dapat mengatur jam kerjanya sendiri, memilih jenis dan banyaknya pekerjaan sesuai minat dan kemampuan, memilih dan menolak klien, hingga memutuskan sendiri bayaran yang akan diterima. Terdengar menarik, bukan?

Sayangnya, dunia freelance tidak selamanya terasa menyenangkan. Salah satu situasi pahit yang kerap kali dialami oleh freelancer adalah ketika klien terlambat membayar honorarium, atau bahkan lari tanpa membayar pekerjaan yang telah dia pesan. Nah, 5 tips ini harus dicoba agar hal tersebut tidak terjadi pada kalian.

5 Tips Bagi Freelancer Agar Honor Dibayar Tepat Waktu



#1. Memilih Klien Yang Tepat


Sebelum menerima seorang klien, ada baiknya kalian mengetahui dulu latar belakang calon klien serta riwayatnya sebagai pengguna jasa. Kalian dapat mencarinya melalui berbagai media sosial, diskusi di forum, ataupun situs-situs yang berhubungan dengan klien. Jika ada review buruk tentang calon klien, terutama dalam hal pembayaran, jangan segan segan untuk menolak tawaran kerjanya.

#2. Sepakati Harga dan Metode Pembayaran


Sebelum memutuskan untuk menerima seorang klien, sepakatilah harga yang akan dibayarkan untuk pekerjaan kalian. Jangan pernah memulai pekerjaan sebelum hal ini jelas bagi kalian. Hal ini penting agar kalian tidak memiliki ekspektasi yang berlebihan, yang berujung pada kekecewaan. Selanjutnya, sepakati pula metode pembayaran yang akan kalian gunakan. Kesepakatan dapat meliputi kapan pembayaran akan dilakukan, apakah pembayaran langsung dilakukan secara penuh ataukah dicicil dengan uang muka, bagaimana jika kinerja tidak sesuai dengan harapan klien, platform atau bank yang akan digunakan, dan sebagainya.


#3. Jaga Komunikasi Dengan Klien


Berkomunikasilah dengan klien sejak awal, terutama saat tugas mulai dikerjakan dan sudah diselesaikan. Apabila proyek yang kalian ambil membutuhkan waktu lama untuk diselesaikan, misalnya satu bulan, maka berikanlah laporan secara teratur dan berkala. Sampaikan tahapan pengerjaan yang telah dan sedang kalian lakukan untuk proyek tersebut.  Jangan segan untuk menanyakan hal-hal yang belum kalian mengerti, yang mungkin saja muncul ketika kalian sedang mengerjakan proyek. Jika terdapat kendala yang sekiranya dapat menghambat atau menunda penyelesaian proyek, segera informasikan kepada klien agar tidak timbul prasangka buruk. Siapa tahu, klien kalian dapat membantu memberikan solusi.


#4. Tagih Pembayaran Dengan Profesional


Ketika pekerjaan telah selesai, tagihlah pembayaran secara santun, baik dan profesional. Dalam tagihan kalian, setidaknya, cantumkan informasi tentang pekerjaan yang telah kalian lakukan, tanggal penyelesaian tugas, dan tentu saja harga yang kalian tagihkan. Kirimkan tagihan melalui surat elektronik atau media komunikasi lainnya yang telah disepakati dengan klien sebelumnya.

#5. Bergabung Dengan MarketPlace Terpercaya


Cara ini cukup ampuh agar honor kalian dibayar tepat waktu. Sebelum memutuskan untuk bergabung dengan sebuah marketplace, pelajari dengan baik ketentuan-ketentuan yang dijalankan di dalam Market Place tersebut. Pilihlah marketplace yang menjamin bahwa freelancer akan menerima honornya segera setelah ia menyelesaikan tugas dan/atau freelancer mengirimkan tagihan secara sah. Marketplace yang baik juga menjamin bahwa klien tidak akan membuang uang dengan percuma, tanpa memperoleh hasil pengerjaan proyek dengan baik.

Bagi seorang freelancer, profesionalitas adalah senjata utama, dimulai sejak memilih klien hingga penagihan honorarium. Kelima tips di atas dapat membantu freelancer agar honor dibayar tepat waktu. Jadi, sudah siap untuk terjun di dunia freelancer indonesia ?


Cara Ber-Komentar Di Spot Freelancer Indonesia :

  • Untuk menulis huruf bold silahkan gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic silahkan gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline silahkan gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought silahkan gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML silahkan gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silahkan parse dulu kodenya pada kotak parser di bawah ini.

Komentar Kalian Akan Saya Moderasi Terlebih Dahulu Agar Saya Lebih Mudah Tahu Bahwa Kalian Telah Ber-Komentar

Emoticon