Notifikasi

Feelance Adalah Hoby Dan Pekerjaan Yang Menyenangkan.
Mari Buat Freelance Menjadi Pekerjaan Yang Diperhitungkan Di Indonesia
#FREELANCER_INDONESIA

Jika Anda Rasa Blog Ini Bermanfaat Silahkan Memberikan Donasi

Donasi

Donasi Yang Kalian Berikan Akan Saya Gunakan Untuk Mengembangkan Blog Ini Menjadi Lebih Baik Dan Semakin Membantu Para Freelancer Indonesia.
BANK BRI: 1089-01-005110-50-2 a/n Al-Amin Sembiring
Cabang KCP Tanjung Morawa
PULSA : 085373458301 (T-Sel)

Donasi | Tutup

Tips Marketing Di Sosial Media Yang Efektif Untuk Freelancer

Tips Marketing Di Sosial Media Yang Efektif Untuk Freelancer
Tips Marketing Di Sosial Media Yang Efektif Untuk Freelancer - Tips Praktik Social Media Marketing yang efektif sebenarnya terletak pada sistem perencanaan. Sama seperti ungkapan yang kerap dilontarkan orang orang bijak. “Tidak ada orang yang berencana untuk gagal, yang ada ialah mereka yang gagal berencana.” Untuk meminimalisir kegagalan itu, pastikan kalian berada di jalur yang benar. Dan berikut 5 Tips Social Media Marketing.

5 Tips Marketing Di Sosial Media Yang Efektif Untuk Freelancer


#1.  Identifikasi Tujuan Kalian

Tips Marketing Di Sosial Media Yang Efektif Untuk Freelancer
Ini poin penting yang mudah dilupakan, biasanya kurang jelas dan tidak terlalu spesifik. Kalian lupa apa yang menjadi tujuan, bagaimana mendapatkan dan juga mempertahankan pelanggan? Untuk itu, cobalah luangkan waktu sejenak untuk berpikir mengenai tujuan kalian. Gambarkan secara spesifik tentang apa yang benar-benar ingin kalian dapatkan dari memanfaatkan social media.

Setelah itu lakukan pengukuran untuk mengetahui apakah tujuan kalian tersebut sudah realistis. Contohnya, social media dijadikan platform untuk peduli akan kepuasan konsumen. Dengan demikian, segala isi dan aktivitas berkaitan dengan kepuasan konsumen kaliant.

#2. Strategi Promosi

Tips Marketing Di Sosial Media Yang Efektif Untuk Freelancer
Hal yang tak kalah penting ialah melakukan strategi promosi dengan tepat. Sekeren apapun konsep dan secanggih apapun alat yang digunakan bakal percuma, bila tak dipromosikan dengan tepat. Di social media, salah satu strategi yang efektif ialah mengembangkan dan membagikan konten. Ciptakan ide-ide menarik, buat jadwal khusus posting, hingga manajemen waktu yang baik. Contohnya, tips, event, berita artikel, video, foto, kuis, dan lain-lain yang bisa kalian buat.

Sebaiknya kalian tidak terlalu agresif agar tak mengganggu dan tidak dianggap spam oleh orang lain. Promosikan produk atau jasa kalian pada orang yang tepat.

#3. Pahami Pelanggan

Tips Marketing Di Sosial Media Yang Efektif Untuk Freelancer
Pahami apa yang jadi kebutuhan pelanggan sangat diperlukan, sebelum memulai aktivitas dan beriklan disosial media. Cara termudah ialah melakukan survei secara langsung. Misalnya kalian membagikan rincian detail ide, lalu coba dengarkan apa yang dibutuhkan mereka.

Berusahalah memenuhi apa yang jadi kebutuhan pasar dan sudah kamu targetkan dalam tujuan kalian sebelumnya. Biasanya, pelanggan tak ingin yang terlalu berneko-neko.

#4. Berbagi Konten Yang Relevan

Tips Marketing Di Sosial Media Yang Efektif Untuk Freelancer
Komunikasi yang efektif ialah ketika apa yang dikomunikasikan dapat tersambung. Hal serupa juga berlaku pada social media marketing bisnis kalian. Jadi, bila kalian jualan template website, maka baiknya kalian menuliskan konten seputar desain web dan sebagainya.

Konten yang relevan tersebut bisa dibagikan admin lewat social media kalian. Tujuannya untuk menerima feedback dari network yang sudah dimiliki dan menjalin komunikasi yang efektif.

#5. Profil Yang Lengkap

Tips Marketing Di Sosial Media Yang Efektif Untuk Freelancer
Berikan deskripsi yang detail pada profil kalian di social media. Jelaskan dengan singkat apa yang kalian kerjakan dan tidak menimbulkan makna ambigu dan kebingungan bagi calon klien.

Dengan demikian, orang yang melihat profil kalian bisa langsung paham. Selain itu, akan sangat baik bila kalian mengintegrasikan social media dan alamat website, untuk lebih mempresentasikan profil kalian.


Menerapkan tips praktik social media marketing yang efektif juga perlu mempertimbangkan pemilihan aplikasi apa yang digunakan. Ada banyak social media yang bisa dimanfaatkan dan pilihlah mana yang bisa membuat kalian menonjol dan berkembang.


Cara Ber-Komentar Di Spot Freelancer Indonesia :

  • Untuk menulis huruf bold silahkan gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic silahkan gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline silahkan gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought silahkan gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML silahkan gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silahkan parse dulu kodenya pada kotak parser di bawah ini.

Komentar Kalian Akan Saya Moderasi Terlebih Dahulu Agar Saya Lebih Mudah Tahu Bahwa Kalian Telah Ber-Komentar

Emoticon