Notifikasi

Feelance Adalah Hoby Dan Pekerjaan Yang Menyenangkan.
Mari Buat Freelance Menjadi Pekerjaan Yang Diperhitungkan Di Indonesia
#FREELANCER_INDONESIA

Jika Anda Rasa Blog Ini Bermanfaat Silahkan Memberikan Donasi

Donasi

Donasi Yang Kalian Berikan Akan Saya Gunakan Untuk Mengembangkan Blog Ini Menjadi Lebih Baik Dan Semakin Membantu Para Freelancer Indonesia.
BANK BRI: 1089-01-005110-50-2 a/n Al-Amin Sembiring
Cabang KCP Tanjung Morawa
PULSA : 085373458301 (T-Sel)

Donasi | Tutup

Tips Tips Mendapatkan Klien Dengan Cepat Untuk Freelancer

Tips Tips Mendapatkan Klien Dengan Cepat Bagi Freelancer - Rasa kecewa pasti pernah muncul, ketika mengunjungi portal pekerjaan freelance, lalu tak mendapatkan satu pun klien yang tertarik pada jasa kalian. Bukan hanya kesal karena menyadari kalian “layak” dipertimbangkan, melainkan karena kalian tahu tak ada cara memanipulasi sistem portal, kecuali menunggu dan menunggu.

Tak bisa pungkiri, adanya sistem portal juga kerap menghambat para Freelancer untuk bergerak maju ke depan. Apalagi, jika mengetahui, ada begitu banyak orang yang bersedia memasang tarif rendah (untuk pekerjaan yang besar), hanya untuk menarik perhatian para klien. Namun, haruskah kalian ikut merendahkan tarif ? Bagaimana caranya menjaring klien tanpa harus menurunkan tarif ?  Berikut adalah lima caranya.

Tips Tips Mendapatkan Klien Dengan Cepat Untuk Freelancer


 1.) Tunjukkan Kemampuan Kalian

Tips Tips Mendapatkan Klien Dengan Cepat Untuk Freelancer
Tak perlu mempromosikan seberapa berkualitasnya jasa kalian atau seberapa multitasking-nya kalian. Cukup Tunjukkan itu dengan Tindakan!

Caranya, bisa dengan menciptakan sebuah platform yang mampu mewadahi seluruh hasil kerja kalian. Seperti blog, situs pribadi, atau melampirkan portofolio pekerjaan-pekerjaan terdahulu dan testimoninya. Dari pada bersaing dengan melampirkan “jaminan-jaminan” yang belum tentu benar, mengapa tidak membuat diri sendiri menjadi pusat perhatian, misalnya dengan menciptakan situs yang mampu “menonjolkan” bakat kalian.

2.) Menjadi Unik dan Profesional

Tips Tips Mendapatkan Klien Dengan Cepat Untuk Freelancer
Pastikan kalian merespons pertanyaan, maupun segala hal terkait pelayanan klien dengan sangat cepat. Tepati pula detail lain, seperti ketepatan, penggunaan bahasa yang sesuai,  dan bertutur sapa yang baik, hingga perilaku dan sikap positif ketika berhadapan dengan klien.

Dan jangan lupa untuk tetap menjadi unik. Ciptakan sesuatu yang sangat berbeda dengan para pesaing lainnya. Bukan hanya menambah nilai plus, hal ini juga bisa membuat layanan atau jasa yang kalian tawarkan mudah diingat orang. Bukan tak mungkin, dalam jangka panjang, hal ini juga berdampak positif bagi kalian.

3.) Memasarkan Dengan Tepat

Tips Tips Mendapatkan Klien Dengan Cepat Untuk Freelancer
Menjadi seorang freelance designer atau freelancer writer bukan hanya soal mendesain ataupun menulis. Kalian harus bisa memasarkan jasa kalian.

Tidak boleh hanya duduk dan menunggu klien datang kepada kalian. Jika perlu, pergi dan datangilah klien, lalu tawarkan diri kalian. Pada kenyataannya, tawaran akan lebih banyak datang jika kalian membiarkan orang tahu. Pastikan untuk berbicara dengan setidaknya dua orang setiap hari terkait bisnis, mengikuti forum-forum yang berhubungan dengan minat atau freelancer, memanfaatkan media sosial sebagai sarana promosi, bahkan memberikan fasilitas diskon jika perlu.

4.) Tarif Yang Tepat

Tips Tips Mendapatkan Klien Dengan Cepat Untuk Freelancer
Apakah kalian pernah berpikir, dengan mengatakan mampu membuat desain berkualitas tinggi seharga Rp2 juta hanya dengan harga Rp500 ribu, mampu membuat para klien terkesan?

Pandangan ini jelas SALAH. Faktanya, sudah menjadi sifat dasar manusia untuk melihat harga murah sebagai penentu kualitas yang rendah. Sementara orang juga akan cenderung menghindari harga yang terlalu mahal, sudah jadi tugas kalian untuk menyeimbangkan keduanya.

Jangan pernah kalian berpikir, menurunkan harga mampu menyingkirkan banyak pesaing. Tentu saja, di samping harga, sesungguhnya ada banyak faktor yang menentukan seberapa baik kualitas pekerjaan kalian. Harga yang terlalu rendah hanya akan membuat calon klien berpikir, Anda tidak memiliki kualitas tinggi.

5.) Jangan Menerima Semua Pekerjaan

Tips Tips Mendapatkan Klien Dengan Cepat Untuk Freelancer
Ketahui dengan pasti siapa klien ideal sejak dini, dan mulailah menerima penawaran hanya dari orang-orang yang kalian anggap cocok dan Klop. Karena, beberapa penawaran bisa jadi justru menghancurkan karier kalian, sebab “membuang-buang” banyak waktu, dan bukannya mempermudah pekerjaan kalian.


Nah itulah  Tips Tips Mendapatkan Klien Dengan Cepat Untuk Freelancer yang dapat saya berikan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kalian semua sahabat freelancer indonesia.


Cara Ber-Komentar Di Spot Freelancer Indonesia :

  • Untuk menulis huruf bold silahkan gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic silahkan gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline silahkan gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought silahkan gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML silahkan gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silahkan parse dulu kodenya pada kotak parser di bawah ini.

Komentar Kalian Akan Saya Moderasi Terlebih Dahulu Agar Saya Lebih Mudah Tahu Bahwa Kalian Telah Ber-Komentar

Emoticon